-->

[Video] Membuat format buku di Microsoft Word 2007 - 2010 cepat dan simpel!

- 3/29/2015
Assalamualaikum, warahmatullahi wabarokaatuh..
Selamat pagi guys!

Beberapa waktu lalu saya membuat sebuah modul yang lumayan tebal. Untuk menghemat kertas, saya berpikir untuk mencetaknya seperti buku, yaitu satu kertas dapat memuat 2 halaman bolak-balik.

Sebenarnya aplikasi pengolah kata (microsoft word) telah menyediakan setting layout (format) buku, namun karena jarang digunakan hal ini jadi terlupakan.

Layout Buku di Ms-Word
Ada 2 format buku yang sering dipakai pada Ms-Word 2007 atau 2010, yang pertama BookFold dan yang kedua Mirror Margin.
Bookfold
Bookfold menjadikan 1 kertas dilipat menjadi dua sehingga dalam satu kertas dihasilkan 4 halaman. Bookfold cocok digunakan untuk pencetakan dokumen dengan ukuran 10cm x 15cm atau bergaya Novel. Jika dipilih Bookfold, otomatis layout kertas berubah menjadi Landscape dan dibelah menjadi 2.
Mirror Margin
Mirror menjadikan 1 kertas berisi 2 halaman. Ukuran kertas normal hanya dicerminkan, sehingga antara halaman depan dan belakang semetris. Mirror cocok digunakan untuk pencetakan dokumen Modul, diktat, atau Bahan ajar yang menggunakan kertas A4, Legal, atau F4.

Karena berhubung ceritanya saya membuat modul, maka pilihan setting yang tepat "seharusnya" adalah Mirror margin. Tapi saya TIDAK memilih format Bookfold atau Mirror margin, saya TETAP menggunakan layout NORMAL. Gimana caranya? Mari kita kemon, eh belajar!

Page Layout Microsoft Word 2007 atau 2010

Beberapa orang lebih suka langsung mengetik dulu baru mensetup Page Layout, dan sebagian lagi men-setup Page Layout dulu, baru mengetik. Sutralah, diambil nyamannya saja. Pilihan saya, melayout dan format dulu. Cekidot!

Langkah 1: Buka Ms-Word -> Klik Page Layout -> Page Setup

membuat format buku di ms-word Buka dokumen anda, kemudian klik tab Page Layout dan Klik tombol panah kecil untuk membuka jendela Page Setup

Langkah 2: Atur Page layout dan Paper sesuaikan dengan konsep anda

membuat format buku di ms-word Page Setup pilih layout, kemudian ceklist different odd and even. Atur margin sesuai kebutuhan.
IstilahKeterangan
Different odd and evenhalaman berbeda antara ganjil dan genap
TopMargin atas
Bottom Margin sisi bawah.
LeftMargin sisi dalam kertas
RightMargin sisi terluar kertas
GutterMargin penjilidan

Gutter
Margin untuk penjilidan agar dokumen sisi dalam tidak tertutup staples saat dijilid. Contoh: Margin Left 2cm + Gutter 2cm maka margin keseluruhan 4 cm.

Video Cara memformat dan melayout model buku atau diktat di Microsoft word 2010




Daftar Pustaka
Youtube - membuat format buku
THIS NEWEST PREV POST
 

Start typing and press Enter to search