-->

5 Alasan siswa SMK wajib ngeblog di blogger.com

- 10/26/2014
Halo gais? Apa kabar? Alhamdulillah dan bersyukur karena sampai saat kalian sedang membaca artikel ini masih diberi karunia berupa kesehatan.

Oiya, sebagai seorang guru di SMK, saya mewajibkan - bukan lagi menyarankan - kepada seluruh siswa/siswi SMK untuk mulai belajar menggunakan blog. Ada beberapa alasan kenapa siswa SMK wajib membuat blog pribadi. Namun sebelum saya paparkan alasan-alasannya, alangkah baiknya kamu mengetahui latar belakang tentang blog itu sendiri.

5 Alasan siswa SMK wajib ngeblog di blogger.com Blog - sarana melatih kecerdasan menulis

Apa itu blog?

Blog merupakan gabungan dari kata Web dan log. Web merujuk pada sebuah alamat Situs atau website pada umumnya, sedangkan log adalah metode catatan jejak secara sistematik. Kalau diartikan kasarnya, Weblog merupakan diari online karena berisi catatan-catatan yang diperbaharui secara teratur.

blog - /bläɡ/
a regularly updated website or web page, typically one run by an individual or small group, that is written in an informal or conversational style.
Wikipedia

Karena weblog atau blog identik dengan diari, maka gaya penulisan, tata bahasa, serta topik yang ditulis bersifat pribadi. Kamu bebas menulis apapun sesuai rasa dan minat kamu sendiri. Mulai dari curhat hingga berbagi pengalaman sah-sah saja. Oke fix?


Platform Blog
Ada berbagai platform blog yang dapat kamu gunakan sebagai tempat memulai menuliskan diari online kamu. Namun untuk satu alasan, saya rekomendasikan menggunakan blogger.com. Cukup dengan memiliki akun email @gmail.com, kamu dapat memiliki sebuah blog.

Inilah 5 alasan anak SMK wajib ngeblog di blogger.com

1. Cukup menggunakan akun gmail.com

Blogger adalah platform blog yang dimiliki google - tahu 'kan google? Melalui akun gmail.com yang juga dimiliki google, kamu bisa memperoleh berbagai layanan yang diberikan google, termasuk blogging system dari blogger.com

2. Tempat belajar HTML,skrip, sekaligus Desain

Di blogger.com, kamu khususnya siswa SMK TKJ merupakan tempat yang ideal untuk belajar kode HTML,Skrip sekaligus desain web. Bagi yang berminat besar dalam hal koding dan desain, blogger merupakan tempat yang pas.

3. Tempat latihan Menulis dan etika bersosial dalam dunia maya

Inti dari Ngeblog adalah menulis. Ingat menulis dari nalar kamu sendiri. Siswa SMK mau tidak mau harus dapat menulis. Mulai dari menulis Laporan resmi, praktikum, usulan, proposal dan kegiatan pembelajaran lainnya. Pada mulanya mulailah menulis hal remeh temeh dengan menggunakan bahasa sendiri- bahasa gaul.

Selain itu, dengan ngeblog, mau tidak mau kamu akan belajar etika bersosial dalam dunia maya. Saling menghormati hasil tulisan blogger lain, jangan jadi pecundang,blogger porno dan copypaster adalah prinsip seorang blogger. Sulit? Gampang kok!

4. Jika beruntung ke 1, kamu bisa kaya raya

Yup, dengan ngeblog kamu bisa kaya lho. Di Indonesia saja banyak blogger - penulis blog - yang sukses dari kegiatan ini. Bila dianggap tulisan kamu menarik dari sisi komersial, siap-siap dilirik para pengiklan yang mau membayar mahal tulisan kamu sekedar untuk menceritakan - mereview - produk mereka.

5. Jika beruntung ke 2, kamu bisa jadi penulis beneran, motivator,inovator,trendsetter

Ya, banyak lho orang-orang sukses gegara menulis blog. Sebut saja Raditya Dika - penulis novel dan buku komedi. Kemudian ada Om Jay - guru yang hobi ngeblog sekaligus motivator ulung. Masih banyak lagi deh.

Nah, tunggu apalagi? Mulailah menulis. Beritahu saya alamat blog kamu melalui komentar ya..

Daftar Pustaka
Blogger
Wordpress
Livejournal

Motivasi ngeblog
Seperti disebut sebelumnya, ngeblog itu identik dengan diari. Butuh konsistensi agar diari kamu bermanfaat pada waktunya. Evolusi diri kamu tidak akan terlihat hanya dari 1-2 tulisan dalam beberapa hari saja. Minimal butuh satu tahun agar kamu tahu nikmatnya ngeblog. Seperti diari, nikmatnya akan terasa setelah beberapa tahun kemudian.

 

Start typing and press Enter to search